top of page

Piano Basic untuk Produksi Music Digital

Untuk membuat musik di jaman sekarang sudah sangat lebih efektif dan efisien, begitu banyak software DAW (Digital Audio Workstation) yang ada di pasaran, kalian hanya membutuhkan sebuah PC/ laptop ataupun hanya dengan handphone, kalian bahkan tidak membutuhkan alat musik apapun dalam membuat musik di jaman sekarang, yah kecuali anda ingin memasukan vocal pada lagu, maka anda membutuhkan sebuah microphone (lihat Link berikut cara membuat studio recording).

Piano Basic untuk Produksi Music Digital
Piano Basic untuk Produksi Music Digital

Namun yang anda butuhkan minimal adalah pengetahuan tentang struktur Piano, karena di setap DAW yang menggunakan sistem MIDI (menggambar musik), maka anda akan di hadapkan dengan Guide Format dari instrument Piano, maka dari itu kali ini Tim HP Music membuatkan tutor standart tentang Piano Basic untuk Produksi Music Digital, anda tidak perlu menjadi master Pianis, namun alangkah baiknya ini bisa menjadi dasar untuk anda dalam menggambar musik dengan komputer secara digital, jadi kreatifitas anda sudah bisa di tuangkan meskipun skill bermusik anda belum terlalu hebat, namun belum tentu skill bermusik yang tidak ada, maka menjadikan sesorang tidak bisa membuat sebuah musik.


Berikut penjelasan dasar dan singkat tentang Piano


piano chord
Struktur Piano

Piano memiliki 7 oktaf. Satu oktaf terdiri dari 12 tuts, yaitu 7 tuts putih dan 5 tuts hitam. Dengan demikian, piano memiliki 88 tuts, yang mencakup 7¼ oktaf (dari 2A sampai C5).

octave 1 adalah bernada Bass semakin tinggi pctave maka suara akan semakin tinggi, bisa diperhatikan tngga nada not balok nya sebagai referensi dan pegetahuan dasar nya.


octave piano midi
Piano Midi

Dalam DAW yang berbasis pembuatan lagu digital seperti contoh Fruity loops, octave piano nya memiliki 10 octave, sehindda suara akan semakin bass nya rendak sekali, yah ini berguna untuk kebutuhan kreatif, karena proses pembuatan lagu secara secara digital akan sangat dibutuhkan kreatifitas dan improvisasi yang luas, namun dari sini kita melihat hubungan kegunaan dasar mempelajari struktur piano secara real dan kegunaanya dalam pembuatan lagu digital.


Midi design ini sangat flexibel, anda sangat dapat merubah suara atau mengisi suara dengan banyak opsi, dan anda tidak perlu menjadi pemain pianis handal karena dalam proses midi anda handa mengisi kolom bar pada DAW anda sebagai note nya.

Namun ada banya MIDI Controller di luar sana yang bisa di jadikan alat untuk memainkan piano secara real pada proses pembuatan lagu, dan hasilnya tetap akan menjadi MIDI file yang bisa di rubah atau di geser dan di tambahkan, sehingga permaina musik anda akan sangat efektif efisien dan kreatif.


Berikut lampiran untuk chord dari piano sebagai bahan untuk Contekanuntuk belajar atau sekedar mengetahui chord dasar dari piano:





Chord Piano key C
Chord Piano key C
Chord Piano key A# / Bb
Chord Piano key A# / Bb
Chord Piano key B
Chord Piano key B
Chord Piano key C
Chord Piano key C
Chord Piano key C# / Db
Chord Piano key C# / Db
Chord Piano key D
Chord Piano key D
Chord Piano key D# / Eb
Chord Piano key D# / Eb
Chord Piano key E
Chord Piano key E
Chord Piano key F
Chord Piano key F
Chord Piano key F#
Chord Piano key F#
Chord Piano key G
Chord Piano key G
Chord Piano key G# / Ab
Chord Piano key G# / Ab









Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page