top of page

Dikenal oleh media sebagai Ratu Rock Malaysia, ia merupakan satu-satunya penyanyi wanita Malaysia yang sukses menguasai musik rock.



ELLA ROCKER MALAYSIA
ELLA ROCKER MALAYSIA

Nor Zila Haji Aminuddin, atau lebih dikenal dengan nama Ella, lahir pada 31 Juli 1966, merupakan seorang ikon penyanyi, musisi, dan aktris berbakat asal Malaysia. Kelahirannya terjadi di Gelugor, Penang, dan perjalanan karirnya dimulai pada tahun 1983, saat usianya baru 17 tahun, dengan keikutsertaannya dalam grup Moonracker. Ella kemudian memutuskan untuk meninggalkan grup tersebut dan fokus sebagai penyanyi di klub malam. Keberhasilannya di dunia klub malam menarik perhatian grup rock The Boys, yang kemudian dikenal sebagai Ella & The Boys melalui lagu hits "Dua Insan Bercinta".


Pada tahun 1987, Ella memutuskan untuk keluar dari Ella & The Boys dan melanjutkan karirnya sebagai penyanyi solo. Dia menandatangani kontrak rekaman dengan Warner Music Malaysia dan merilis album solo pertamanya, "Pengemis Cinta" pada tahun 1989, yang laris terjual lebih dari 100.000 unit. Lagu-lagu seperti "Pengemis Cinta" dan "Permata Biru" menjadi singel utama yang sukses.


Nama Ella mulai bersinar dan setiap album yang dihasilkan pasti menjadi album terlaris di pasaran. Pada tahun 1989, ia berkolaborasi dengan beberapa artis dalam menyukseskan konser tersebut. Konser-konser yang berhasil Ella sukses diantaranya adalah Konser Kotaraya, Konser Art And Voice, dan Konser Salem Rock. Pada tahun 1990, Ella memproduksi album solo keduanya, Puteri Kota dengan dua lagu dari album ini, "Tiada Tangis Lagi" dan "Puteri Kota" dirilis sebagai single utama. Kedua lagu ini dipilih untuk dinyanyikan Ella dalam film pertamanya, Bayangan Maut (1991) yang disutradarai Yusof Haslam. Di tahun yang sama, Ella juga memproduseri album ketiganya, Identiti. Lagu Sepi Sekuntum Mawar Merah menjadi single terpopuler dari album tersebut sekaligus mendongkrak nama Ella sebagai penyanyi rock wanita terpopuler.


Pada tahun 1988, Ella menandatangani kontrak rekaman dengan Warner Elektra Atlantic (sekarang Warner Music Malaysia) dan merekam album solo pertamanya, Pengemis Cinta yang diproduseri oleh Ramli Sarip. Album ini sukses secara komersial setelah berhasil mencapai penjualan lebih dari 100.000 unit sekaligus menerima Double Platinum.


Pencapaiannya mencakup pencatatan dalam The Malaysia Book of Records sebagai "Yang Pertama Artis Wanita Dengan Penjualan Album Terbanyak." Ella juga menjadi duta merek terkemuka seperti L.A. Gear, Levi's, dan Canon. Diakui oleh media sebagai Ratu Rock Malaysia, Ella juga mencatatkan diri sebagai satu-satunya penyanyi wanita Malaysia yang sukses menguasai dunia musik rock. Selain itu, ia dikenal sebagai salah satu artis yang mendapat bayaran tertinggi untuk undangan menyanyi.

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page